pcv valve

Mengganti PCV Valve

PCV adalah singkatan dari Positif Crankcase Ventilation. Berfungsi sebagai ventilasi dengan arah dari blok mesin ke intake manifold kemudian dialirkan ke ruang bakar.

Gejala yang timbul jika PCV kotor biasanya oli rembes dari celah-celah blok mesin, karena ventilasi mampet. Peralatan yang dibutuhkan hanya menggunakan tang.

Pertama, Cabut selang dengan dibantu tang untuk melonggarkan kaitan, Cabut PCV Valve dan Karet seal pcv dari tempatnya. cukup ditarik saja.

mengganti pcv valve 1
mengganti pcv valve 1

Kedua, Siapkan PCV Valve model “L” dan karet seal PCV

mengganti seal pcv 2
mengganti seal pcv

Ketiga, Pasang seal PCV ke blok mesin, dan tancapkan PCV Valve diatasnya.

pcv valve 3
pcv valve 3

Keempat, pasang kembali selang yang menuju ke intake manifold, tutup buka selang hanya menggunakan tang.

pcv valve terpasang
pcv valve terpasang

PCV Valve terpasang sempurna.

Catatan Tambahan :

  • Kalau ingin membersihkan, cukup bersihkan menggunakan Carb Cleaner saja. kalo saya sekalian ganti karet seal pcv nya karena karetnya sudah mengeras, kalau masih bagus ga perlu diganti.
  • Harga PCV Valve model “L” = Rp 45.000
  • Harga Seal PCV Timor = Rp 15.000

EDIT

———————————————————-

Setelah pemakaian PCV Valve yang model “L” ini, ternyata ga kuat panas, akhirnya melengkung. dapat referensi dari temen timor-er katanya mending sekalian ganti yang buat timor, jangan yang sembarangan. ternyata harganya ga jauh beda, tapi dari material lebih kuat.

PCV Valve mobil timor
PCV Valve mobil timor

Gambar terpasang di mesin mobil

PCV Valve timor terpasang
PCV Valve timor terpasang

Harga PCV Valve timor / KIA : Rp 50.000

Semoga Bermanfaat 🙂

Advertisements

13 thoughts on “Mengganti PCV Valve

  1. Om mau nanya apa PVC itu berfungsi juga untuk rpm..?, karna mobil saya timor sohc kalo pagi rpmnya rendah banget di bawah 900+mobil jadi ngegeter, dan apa pengaruh juga ke tenaganua om..??

    1. PCV tidak berpengaruh terhadap pengaturan RPM om, hanya RPM nya terganggu (gak bisa langsam). kalo RPM dibawah 900 itu normal.. standarnya RPM non AC itu 800 dan AC itu 1000rpm. kalo ke tenaga baru berpengaruh, karena fungsinya sebagai ventilasi.

  2. bulan kemarin sudah diturun mesin kata bengkel cuman ganti ring sama seal klep dan paking paking tapi masih ad asap putih masih tebel dan ada air nya netes netes kalo pvc oblag pengaruh tidak om?mohon solusinya trimakasih

  3. Om mau nanya. Timor sohc saya ko ada suara krek krek krek gtu yaa biasanya kan kalo udh panas ilang tapi skrng engga ilang” Om. Kira” kenapa yaa. Oiya mau nanya bengkel Timor yg bagus daerah Jakarta dimana yaaa? Maaf gan banyak nanya ane newbie😁. Trims

    1. krek krek krek itu seperti apa ya om, sulit membedakan terjemahan suara ke ketikan teks, hehe.. tapi kalo suara tek tek tek kayak besi beradu bisa dipastikan dari HLA nya. kalo bengkel di jakarta saya kurang paham om, banyak rekomendasi dari temen-temen, tapi saya sendiri belum pernah nyoba..

      1. Om saya mau tanya saat starter awal mesin tuh gemeter ada suara tektek
        Selang brpa detik hilang
        Trus kalo pake lampu tembak mesin gemeter gt om
        Tu penyebabnya apa yaa om
        Hatur thankyu om

      2. starter gemeter berarti setting rpm idle up terlalu kecil. suara tektek berarti oli belum naik / mobil jarang dipake atau dipanasin / HLA lemah. lampu tembak gemeter, setting rpm terlalu rendah / VTA lemah. semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s