rembesan oli power steering

Power Steering Bocor

Berbulan – bulan yang lalu saya dihadapi dengan borosnya pemakaian oli power steering dalam waktu yang singkat. Awalnya saya kira habisnya oli power steering tersebut dikarenakan proses penguapan yang keluar lewat tabung power steering atas yang karetnya sudah getas, tapi ternyata bukan. semakin sini habisnya oli power steering semakin singkat dan ada genangan oli berwarna merah tertinggal di garasi rumah. Setelah saya sempatkan waktu untuk mengecek, ternyata rembesan oli mulai banyak menetes dari bawah mobil.

rembesan oli power steering
rembesan oli power steering

Terlihat pada gambar diatas, rembesan oli power steering melewati jalur-jalur komponen rangka mobil bagian bawah. Kalau sudah begini, harus cepat mengambil tindakan untuk mencegah bocor semakin besar dan karena memang repot juga kalau harus beli oli power steering setiap minggu. Setelah tanya temen-temen, biasanya kalau power steering mobil timor penyakitnya tidak jauh dari seal-seal power steeringnya yang minta ganti.

Setelah waktu dan biaya pas, akhirnya saya sempatkan ke bengkel umum rekomendasi timorer yang terletak di cibarusah (bekasi).

penggantian seal power steering timor
penggantian seal power steering timor

Bongkar pasang ini memakan waktu yang lumayan lama, dimulai dari jam 9 pagi dan selesai jam 4 sore, waw..

bongkar power steering timor
bongkar power steering timor

 

bagian power steering timor
bagian power steering timor

Setelah saya amati proses demi proses, ternyata tata cara bongkar power steering ini sepertinya akan sulit jika dikerjakan sendiri (DIY), mengingat langkah demi langkah yang lumayan panjang serta ada beberapa bagian yang harus dikerjakan oleh dua orang.

Saya lupa lagi Seal Kit Power Steeringnya, notanya gtau kemana :D, hehe tapi total biayanya saya masih hafal.. sekitar 500rb-an, wiih termasuk biaya yang relatif murah menurut saya.

Lalu apa yang terjadi jika bocor ini kita biarkan ? Selama oli power steering penuh sih gpp, tapi kita sendiri haruslah sangat berhati-hati karena ketika ada komponen yang bocor berarti disaat yang sama ada proses “pressure” yang terjadi didalamnya mengakibatkan timbulnya celah yang mengeluarkan cairan oli, celah ini disaat tidak ada tekanan atau dalam posisi mobil mati akan dihinggapi oleh debu dan partikel kecil lainnya yang memungkinkan masuk kedalam dan mengganggu / mengotori jeroan power steering. Kalau power steering kotor kemasukan debu, debu ini bersifat tajam yang sedikit demi sedikit akan menggores komponen didalamnya, sehingga kerusakan yang ditimbulkan akan semakin besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s